Makanan Penghambat Menopause

05 June 2018 - Kategori Blog
Makanan Penghambat Menopause

Makanan Penghambat Menopause

Tua itu pasti, tapi menopause bisa diperlambat yaitu dengan Makanan Penghambat Menopause.

Menopause merupakan gejala normal yang di alami oleh perempuan saat memasuki akhir masa usia subur, yang berarti perempuan tersebut tidak akan bisa mengandung kembali akan tetapi tetap mempunyai kondisi yang sehat dan aktif secara seksual. Akan tetapi menopause akan menjadi masalah apabila fase menopause terjadi lebih cepat atau sering disebut dengan menopause dini.

Umumnya menopause di alami oleh wanita pada saat berada pada umur 50 tahun hal ini dikarenakan mulai saat umur diatas 30 tahun ovarium semakin menurun dalam memproduksi hormon reproduksi sampai pada akhirnya berhenti di umur 50 tahun tersebut. Akan tetapi pada suatu hal beberapa wanita mengalami tahap ini lebih awal sehingga terjadi menopause dini.

Menopause dini dapat dicegah dengan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah makanan yang memiliki kandungan fitoestrogen yang kemudian makanan tersebut akan berubah menjadi sumber estrogen. Estrogen adalah hormon yang berperan penting  dalam proses reproduksi wanita. Estrogen ini diproduksi pada ovarium yang berbentuk seperti anggur di rahim serta bagian dari sistem endokrin. Estrogen dapat diproduksi sendiri oleh sel lema dan kelenjar adrenal dalam tubuh. Saat masa wanita pubertas, estrogen ini dapat berperan penting untuk pembentukan karakter seks sekunder pada permpuan.

Berikut ini beberapa manfaat esterogen pada wanita

  • Membantu mengendalikan siklus menstruasi dan pertumbuhan lapisan bagian rahim yang sudah mulai tumbuh sejak mentruasi pertama kali.
  • Estrogen akan bekerja dengan progesteron untuk menghentikan proses ovulasi dalam siklus bulanan wanita.
  • Selama kehamilan, plasenta memproduksi estrogen khususnya hormon estriol. Estrogen mengontrol laktasi dan perubahan payudara, termasuk di masa remaja dan selama kehamilan.
  • Estrogen bisa berfungsi untuk menjaga ketebalan dinding vagina dan bagian saluran uretra.
  • Estrogen berperan dalam pembekuan darah, menjaga kekuatan dan ketebalan dinding organ intim wanita dan lapisan uretra, pelumasan dinding organ intim, dan sejumlah fungsi tubuh lainnya.

Berikut ini jenis-jenis makanan yang dapat menghasilkan fitoestrogen

  1. Kacang-kacangan

Kacang banyak mempunyai kandungan fitoestrogen yang akan berubah menjadi estogen saat berada di dalam tubuh misalnya kacang mete, almond, kedelai, buncis, pistachio, kacang merah serta kacang hitam.

  1. Kecambah alfafa

Kecambah Alfafa merupakan makanan yang didalamnya terkandung fitonutrien yang berfungsi membentuk estrogen di tubuh. Selain mengandung fitonutrien alfafa juga terdapat karbohidrat serta kalori dapat di manfaatkan untuk menurunkan berat badan karena hanya mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah sedikit.

  1. Produk buah kering (plum, aprikot, kurma)

Buah-buahan kering misalnya plum, aprikot serta kurma mampu membuat estrogen pada tubuh seimbang. Buah -buah kering tersebut mengandung cukup fitoestrogen yang mempunyai manfaat sama dengan estrofen di tubuh.

  1. Tahu dan tempe

Tahu serta tempe merupakan makanan asli indonesia yang sudah menjadi favorit bagi semua orang. Di dalam tahu dan tempe ini ternyata banyak menngandung estrogen yang dihasilkan dari kedelai yang masih tetap utuh walaupun sudah melalui proses fermentasi.

  1. Minyak biji wijen

Mulai dari biji wijen maupun yang telah diolah menjadi minyak wijen sama manfaatnya mempunyai kandungan fitoestrogen yang baik untuk tubuh. Minyak dan biji wijen bisa diolah menjadi bahan tambahan ketika memasak salad atau sup.

  1. Biji rami

Selain biji wijen, Biji rami juga mempunyai manfaat yang sama dengan wijen karena juga mengandung fitoestrogen yang membantu membentuk estrogen dalam tubuh.

  1. Brokoli

Didalam sayuran brokoli juga terkandung fitoestrogen golongan flavonoid dengan jumlah yang sangat banyak. Selain itu brokoli juga sudah dikenal mampu menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh sangat baik. Mengkonsumsi sayuran ini bisa dengan cara memasaknya namun jangan memasaknya terlalu matang.

  1. Kubis merah

Kubis merah mempunyai warna merah keunguan yang memiliki rasa sedikit pahit dan pedas. Warna kubis tersebut membuktikan bahwa dalam sayuran tersebut mempunyai isoflavonoid dalam jumlah yang banyak.

  1. Gandum

Gandum yang biasa diolah menjadi makanan roti dan kue serta pengganti nasi banyak mengandung mineral, vitamin serta nutrisi yang diperlukan tubuh. Kandungan estrogen di dalam gandum ini adalah berbentuk lignan.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter
WhatsApp chat