Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

01 June 2018 - Kategori Blog

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid. Perempuan yang telah memasuki usia dewasa dan sudah baligh pasti akan mengalami haid atau datang bulan yang sangat mengganggu aktivitas apalagi disertai dengan rasa nyeri atau sakit.

Selama haid perempuan biasanya merasakan nyeri atau sakit di perut yang biasa dikenal dengan nama dysmenorrhea. Dysmennorrhea ini menyebabkan tidak hanya menyebabkan nyeri di dalam daerah perut saja tetapi juga ke daerah punggung dan panggul. Perasaan sakit dan nyeri ini disebabkan oleh kontraksi rahim untuk mengeluarkan dinding rahim yang tidak dibuahi sperma sehingga akan menghasilkan hormon prostaglandin yang menyebabkan nyeri.

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

Gejala Dysmenorrhea ini dijeniskan menjadi 2 macam yaitu primer dan sekunder. Pada dysmenorrhea primer penderita hanya akan merasakan nyeri satu sampai tiga hari pertama saja saat menstruasi tanpa adanya penyakit lain yang menjadi penyebab nyeri. Sedangkan pada jenis sekunder penderita merasakan nyeri lebih dari tiga hari saat dari menstruasi pertama kali sampai siklus selesai. Dysmenorrhea sekunder ini diakibatkan oleh penyakit endometriosis, infeksi panggul atau terdapat fibroid (myoma) pada rahim.

Nyeri saat haid tersebut biasanya hanya akan terjadi saat tahun pertama atau kedua haid perempuan. Seiring bertambahnya usia nyeri ini akan semakin berkurang apalagi kalau sudah mengalami kehamilan dan melahirkan. Nyeri haid juga dapat disebabkan karena kecemasan dan stress seseorang saat mengalami haid. Mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurasi rasa nyeri haid perlu diketahui oleh seorang wanita agar tidak terlalu menggangu aktivitas kesehariannya. Beberapa cara-cara dibawah ini dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa haid

  1. Obat-obatan Anti Nyeri Haid

Obat Anti nyeri yang berjenis NSAID (Non Steroid Anti Inflammatory Drugs) dapat anda konsumsi untuk mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi misalnya mefinal atau asam mefenamat. Obat NSAID ini berfungsi untuk menekan produksi hormon prostaglandin penyebab nyeri. Akan tetapi obat ini tidak dianjurkan bagi penderita maag dan tukak lambung selain itu perhatikan petunjuk menggunakan obat ini sesuai anjuran dokter.

  1. Olahraga Aerobik dan Yoga

Menurut penelitan yang telah dilakukan oleh European Journal of Experimental Biology olahraga seperti aerobic dan berenang mampu menguragi rasa nyeri saat menstruasi karena olahraga tersebut akan meningkatkan aliran darah ke uterus atau rahim. Olahraga ini juga dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan.

Lakukan olahraga ringan seperti aerobic dan renang ini secara teratur agar nyeri saat haid berkurang. Selain itu melakukan yoga atau stretching juga dapat mengurangi rasa nyeri namun lakukan hal ini secara bertahap dan ringan saja.

  1. Kompres Panas

Komres panas dengan air panas juga dapat bermanfaat untuk membuka pembuluh darah di dalam rahim sehingga aliran darah akan lancer dan produksi hormon prostaglandin berkurang. Lakukan kompres air panas ini secara teratur bisa dengan menggunakan kantong kompres, botol tahan panas, atau dengan membeli hotpack atau hotgel di apotek untuk mengkompres area perut dan punggung.

Hindari mengkompres dengan air dingin karena mengkompres dengan air dingin akan semakin menghambat pembuluh darah di dalam rahim sehingga berakibat pada resiko kram.

  1. Kurangi Konsumsi Minuman Tinggi Kafein dan Makanan Tinggi Garam

Kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan garam yang tinggi. Mengkonsumsi kafein berlebih hanya akan menghambat pembuluh darah menuju rahim seperti halnya melakukan kompres air dingin hal ini mengakibatkan oksigen dalam tubuh akan berkurang sehingga akan semakin menyebabkan nyeri dan kram.

Kafein juga dapat memberikan manfaat untuk mengembalikan mood yang kurang baik saat menstruasi tetapi jangan mengkonsumsi kafein ini secara berlebihan cukup satu gelas saja setiap hari untuk membantu mengatasi mood anda.

  1. Tidak Merokok dan Konsumsi Alkohol

Walaupun menurut penelitian wanita yang merokok tidak akan mengalami nyeri yang lebih hebat dibandingkan wanita tidak perokok, tetapi lebih baik untuk menghindari rokok karena dalam jangka panjang rokok akan lebih beresiko meningkatkan penyakit kanker rahim wanita.

Selain itu mengkonsumsi alcohol juga akan mengakibatkan dehidrasi pada tubuh sehingga asupan oksigen tubuh berkurang dan memngambat pembuluh darah menuju rahim.

  1. Minum Banyak Air

Saat anda mengalami haid jaga tubuh anda agar tidak dehidrasi dengan cara meminum air mineral sebanyak-banyaknya minimal 6 atau 8 gelas setiap hari. Air mineral sangat baik untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

  1. Relaksasi

Lakukan relaksasi untuk mengatasi stress anda akibat nyeri saat haid seperti dengan mendengarkan music relaksasi. Relaksasi terbukti mampu menurunkan rasa nyeri haid karena akan mengurangi hormon prostaglandin.

, ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter
WhatsApp chat