Cara Memperlambat Masa Menopause

13 June 2018 - Kategori Blog

Cara Memperlambat Masa Menopause. Menopause akan dialami oleh perempuan semakin dengan bertambahnya usia perempuan. Ketika mengalami menopauase seseorang akan berhenti dalam proses siklus menstruasi. Menopause dapat di lihat dari gejala-gejala siklus haid menjadi lebih lama dan pendarahan yang terjadi semakin berkurang, gejala ini dapat berlangsung dan berubah secara tiba-tiba tanpa dapat diprediksi.

Menopause adalah proses dari siklus kehidupan seorang perempuan saat mengalami masa kesuburan serta masa reproduksi semakin mengalami penurunan hormonal. Menopause tidak terglong  kedalam jenis penyakit yang berbahaya dan harus ditakuti karena setiap perempuan pasti akan mengalami menopause.

Cara Memperlambat Masa Menopause

Cara Memperlambat Masa Menopause

PENYEBAB  MENOPAUSE

Sistem endokrin merupakan sistem penting yang mengolah semua zat penting pada tubuh sering yang dikenal sebagai hormon. Hormon estrogen dan progesteron merupakan hormon penting yang dapat dihasilkan oleh perempuan. Hormon estrogen dihasilkan di dalam indung telur pada bagian tubuh wanita.

Tubuh perempuan mempunyai hal yang cukup istimewa yaitu ketika salah satu organ dalam tubuh permpuan akan melemah maka organ lain akan membantu mengatasinya. Contohnya adalah ketika indung telur yang  merupakan bagian tubuh penting yang dapat berkaitan dengan produksi hormon esterogen semakin kehilangan sel-selnya maka produksi esterogen akan diambil alih oleh kelenjar adrenalin.

Sebelum terjadi menopause selama waktu dua sampai dengan delapan tahun, permpuan menjadi tidak teratur proses ovulasinya. Selama tahun tersebut folikel indung telur (kantung indung telur) akan mengalami kerusakan lebih cepat sehingga pasokan folikel akan cepat habis.

Sebelum perempuan mengalami menopause, estrogen utama yang dihasilkan oleh tubuh seorang perempuan adalah estradiol. Namun selama pra-menopause ini, tubuh perempuan akan mulai memproduksi lebih banyak estrogen dari jenis yang berbeda, yang dinamakan estron, yang dihasilkan di dalam indung telur maupun dalam lemak tubuh. Meski reproduksi tak lagi sebagai tujuan, hormon-hormon reproduksi tetap memegang peran penting yaitu peran-peran yang dapat meninngkatkan dan menjaga kesehatan yang tidak ada kaitannya dengan kehamilan.

TANDA DAN GEJALA MENOPAUSE

Berikut ini beberapa tanda serta gejala seseorang mengalami menopause antara lain :

  1. Perdarahan

Perdarahan terjadi secara tidak teratur yang akan keluar dari vagina.

  1. Rasa panas dan keringat malam

Tubuh akan terasa panas yang bisa dirasakan mulai dari wajah ke seluruh tubuh disertai dengan warna kemerahan di kulit dan mengeluarkan keringan saat malam hari.

  1. Gejala pada vagina

Lapisan dinding vagina semakin berubah sehingga kering dan kurang elastis

  1. Gejala perkemihan

Saluran urethra semakin mengering, menipis serta kurang elastis yang diakibatka oleh penurunan kadar estrogen sehingga perempuan akan lebih rentan terkena infeksi saluran kencing dan selalu ingin kencing bahkan sampai mengompol.

  1. Gejala emosional dan kognitif

Daya ingat semakin berkurang dan akan lebih cepat marah karena perubahan mood yang berlangsung secara cepat.

  1. Perubahan fisik yang lain

Pada wanita menopause lemak akan menumpuk pada pinggul dan perut.

  1. Depresi
  2. Sakit kepala
  3. Sembelit dan pegal – pegal
  4. Gangguan tulang
  5. Bengkak dan rasa nyeri

CARA MEMPERLAMBAT DATANGNYA MENOPAUSE

Menopause tidak dapat dihindari tetapi bisa dilakukan upaya untuk penghambat agar menopause tidak terjadi lebih cepat. Antara lain :

  1. Melakukan olahraga secara rutin
  2. Memperhatikan dan lebih banyak memakan makanan yang banyak mengandung kalsium,seperti:  susu,youghart dan sayur brokoli
  3. Mengurangi meminum minuman yang kurang sehat dan mengandung kafein serta alkohol karena akan menghambat penyerapan kalsium.
  4. Menghindari rokok
  5. Menambahkan vitamin dalam menu sehari-hari.
  6. Mengurangi minyak goreng yang masuk ke dalam tubuh
  7. Saat memasak sayuran usahakan untuk tidak terlalu lama karena vitamin yang terdapat dalam sayuran tersebut bisa larut di dalam air

Itulah tadi Cara Memperlambat Masa Menopause yang bisa anda coba. Menopause tidak diinginkan oleh wanita tapi akan dilalui oleh wanita. semoga artikel ini bermanfaat. Share / Bagikan agar semakin banyak orang tahu.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter
WhatsApp chat